Bakal Ada Ribuan Jemaah, Polisi Cek Kesiapan Haul di Tangerang

TNI-Polri cek kesiapan Haul di Pesantren Al-Istiqlaliyyah Kampung Cilongok.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pihak Kepolisian Resor Kota Tangerang melakukan pengecekan lokasi peringatan Haul Syeh Abdul Qadir Jailani yang sedianya akan digelar di Pesantren Al-Istiqlaliyyah Kampung Cilongok, Sukamantri, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 28 November 2020. Haul ini direncanakan dihadiri ribuan jemaah.

Jemaah Salat Id Bubar, Respons Mabes TNI soal Pengendara Fortuner Ngaku Adik Jenderal

Dalam perhelatan akbar pada Minggu, 29 November 2020 besok, sedianya akan dihadiri oleh 1.500 orang terdiri dari santri dan orangtua ini, petugas kepolisian memastikan bila pelaksanaan haul bakal berjalan sesuai pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19.

"Prinsipnya kami tidak melarang acara keagamaan namun tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni tidak menimbulkan kerumunan," kata Kapolres Kota Tangerang, Komisaris Besar Polisi Ade Ary.

Jemaah Salat Id di Bantul Bubar Dipicu Khatib Ceramah Pemilu Curang, Begini Respons Kemenag

Lanjutnya, Ade juga mengimbau agar seluruh jemaah tidak perlu hadir atau datang langsung ke pondok pesantren. Sebab, acara tersebut juga dapat dilihat secara virtual, melalui kanal media sosial.

"Jumlah yang hadir dibatasi, dan sebagai alternatif nanti akan disiarkan secara online. Langkah ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan," ujarnya.

Bunyi Ceramah Khatib di Bantul yang Viral soal Pemilu Curang Picu Jemaah Salat Id Bubar

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dalam acara itu, pihaknya pun memberlakukan pembatasan jemaah yang datang, dengan jumlah 1.500 orang. "Itu jumlahnya sudah dibatasi, cuma santri dan keluarga yang akan hadir," ujarnya.

Zaki menegaskan, dalam pelaksanaan akan diterapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, mengingat hingga saat ini wilayah Kabupaten Tangerang masih masuk ke dalam zona orange penyebaran COVID-19. Di mana, mulai dari adanya pemeriksaan suhu, jaga jarak, hingga pembagian lokasi haul.

Tidak hanya itu, mereka yang hadir ke lokasi juga dilakukan pengecekan COVID-19 melalui rapid test, dan diberikan id card khusus sebagai akses masuk ke lokasi.

Baca juga: Kisah Wanita Muda Sembuh dari COVID-19 dan Ajakan Pakai Masker

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya