Polda Papua Beberkan 59 Babi dari Panglima TNI untuk Upacara Adat

Panglima TNI dan Kadiv Humas Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan ( Papua)

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Irwasum Polri melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu, 28 November 2020. Kunjungan itu dalam rangka melaksanakan Silaturahmi TNI – Polri dengan elemen masyarakat Papua, sekaligus secara simbolis menyerahkan 59 ekor babi untuk bakar batu sebagai simbol papua tanah damai di Timika.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Kegiatan bakar batu bersama tersebut sebagai simbol Papua Tanah Damai, apalagi menjelang bulan Desember 2020 yang mana diperingati oleh umat Kristen di Papua sebagai bulan kelahiran sang putra pembawa damai atau yang dikenal dengan bulan Natal.

Panglima TNI pada kunjungan kerja tersebut mengatakan, tokoh agama, tokoh masyarakat memegang peran yang sangat penting di tempat dan daerah masing-masing sehingga diharapkan dapat menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat luas.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

“Pemerintah sedang berupaya melaksanakan pembangunan dan kita menyadari masih banyak tantangan yang belum diselesaikan di Papua dan Papua Barat sehingga dengan adanya kepres tentang percepatan terpadu pembangunan di Papua dan Papua Barat, diharapkan dapat mempercepat pembangunan di Papua,” katanya.

Panglima menyebutkan, hal tersebut menjadi kunci awal kepedulian pemerintah terhadap papua meliputi pendidikan kesehatan dan pembangunan, sehingga ia yakin Papua dan Papua Barat akan maju karena sudah memiliki sumber daya yang bagus dan memastikan kedamaian dan kesejahteraan.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

TNI dan Polri akan selalu bahu-membahu mengawal pembangunan yang dilakukan di Papua dan Papua Barat. Penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan secara disiplin.

“Kita harus menjaga kedamaian menjelang pilkada serentak dan perlunya TNI-Polri bersama tokoh agama, tokoh masyarakat menjaga kedamaian di Papua,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat yang telah datang bertatap muka dengan rombongan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi A.M. Kamal saat dikonfirmasi mengatakan, memasuki bulan Desember para kepala suku di Papua akan menggelar upacara adat bakar batu dengan menyembelih babi di wilayahnya masing-masing sebagai simbol Papua tanah damai

Upacara adat bakar batu akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Desember 2020 di beberapa wilayah seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak Jaya, dan Timika dipimpin kepala suku masing-masing. Acara tersebut dilaksanakan guna mewujudkan cinta kasih dan damai menjelang perayaan Natal.

“Sebanyak 59 ekor babi yang akan disembelih tersebut merupakan bantuan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,” kata Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya