Ridwan Kamil Mengaku Berat jika COVID-19 Melonjak efek Libur Panjang

Ridwan Kamil, Diperiksa di Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan jangka waktu libur panjang pada akhir tahun, Hari Raya Natal, dan pengganti cuti lebaran Idul Fitri dipersingkat untuk membatasi orang-orang bepergian demi mencegah penularan COVID-19.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Usulan mempersingkat itu sebagai toleransi untuk mata pencaharian pada sektor wisata di akhir tahun. "Jadi, usulan dari Jabar adalah jumlahnya jangan sepanjang [akhir] tahun karena berat buat kami [jika terjadi lonjakan kasus COVID-19] dalam menanganinya," katanya di Bandung, Sabtu, 28 November 2020.

Berkaca pada kasus COVID-19 klaster libur panjang terakhir, lonjakan terjadi pada kawasan wisata. Pada Oktober, rapid test acak dilakukan terhadap 1.500 wisatawan yang melintas di jalan dan area wisata. Hasilnya, dari 400 orang yang reaktif dan dilanjutkan dengan swab test, ada 10 orang positif COVID-19.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Baca: Penyebab RS Ummi Dilaporkan karena Halangi Swab Test Habib Rizieq

Peningkatan kasus COVID-19 efek libur panjang pada Oktober, katanya, tak setinggi pada Agustus. “Jadi kesimpulannya: libur panjang kemarin menimbulkan COVID-19, tapi kedisiplinan [menerapkan] 3M meningkat," katanya.

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

"Seperti hitungan matematika, yaitu ada keramaian ada COVID-19; tidak ada keramaian tidak ada COVID-19; libur panjang ada keramaian, pasti ada [penularan] COVID-19," ujarnya.

Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri menetapkan bahwa libur akhir tahun mulai 24 Desember hingga 1 Januari 2021. Pada 24 Desember adalah Cuti Bersama Hari Natal, 25 Desember Hari Natal, 26-27 Desember libur akhir pekan, 28-31 Desember merupakan pengganti cuti bersama Idul Fitri, dan 1 Januari 2021 libur tahun baru.

Gunungan tumpeng dan arak-arakan di Kota Batu.

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan di Kota Batu Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Grebeg kupat tumpeng syawalan mempererat tali persaudaraan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024