Muhammadiyah Minta Polri Usut Soal Azan Hayya Alal Jihad

Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Pimpinan Al Habib Bahar Bin Smith.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Pengurus Pusat Muhammadiyah angkat bicara soal ramianya video di laman YouTube yaitu azan yang menambahkan kalimat hayya alal jihad. 

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Sejauh ini, Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengaku masih belum menemukan dalil yang menambahkan azan ditambahkan kalimat tersebut.

"Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan hayya alal jihad," kata Abdul Mu’ti kepada VIVA di Jakarta, Senin, 30 November 2020.

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Maka dari itu, Abdul Mu’ti meminta kepada aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan soal video tersebut untuk ditindaklanjuti.

"Aparatur keamanan dapat melakukan penyelidikan dan memblokir supaya video azan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat," kata Mu’ti.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

Tentunya, untuk Kementerian Agama Republik Indonesia sendiri agar dapat membimbing organisasi masyarakat atau ormas yang melakukan hal itu, agar kembali mengikuti dan memahami ajaran agama yang benar. 

"Balitbang Kementerian Agama dapat segera meneliti. Ormas-ormas Islam perlu segera memberikan tuntunan kepada para anggota agar tetap teguh mengikuti ajaran agama Islam yang lurus," katanya.

Dalam sebuah video pendek di laman YouTube yang berjudul 'Merinding Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Pimpinan Al Habib Bahar Bin Smith', Senin, 30 November 2020. 

Terlihat jelas dalam video itu, satu orang yang mengumandangkan azan atau yang biasa disebut muazin itu melantunkan azan dan di belakangnya ada jemaah laki-laki yang sendang berdiri bersama-sama. Muazin ini menambahkan kalimat hayya alal jihad dan diikuti oleh jemaah yang ada di belakangnya. 

Berikut lafaz azan yang viral:

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya alal jihad (2x)
Hayya 'alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah (1x)

Artinya :
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah
Marilah Berjihad
Marilah menuju kepada kejayaan
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Tiada Tuhan selain Allah

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya