Satgas Tinombala Kejar MIT Pemenggal Kepala ke Dalam Hutan

Kepala Sub Satgas Humas Tinombala 2019 AKP Winarto saat menunjukkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terduga teroris Poso di Mapolda Sulawesi Tengah di Palu. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Basri Marzuki

VIVA – Satuan Tugas (Satgas) Tinombala terus memburu kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora – yang berguru pada teroris Santoso – yang berkaitan dengan pembantaian satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah. Keluarga dibantai dan korbannya ada yang dipenggal.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

"Sampai saat ini Satgas Tinombala melakukan pengejaran di wilayah Sigi, Parigi dan Poso. Masih dilakukan pengejaran," ujar Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, kepada wartawan, Senin 30 November 2020.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat dari Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, menambahkan pelaku diduga lari ke perdalaman hutan. Kata Awi, kejadian ini jadi atensi serius pemerintah. Untuk itu, diharapkan Satgas Tinombala segera menangkap Ali Kalora dan anak buahnya itu. Sebab mereka harus bertanggung jawab atas perbuatan kejinya itu.

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

"Karena memang selama ini pergerakan mereka mulai dari pegunungan Sigi, Parimo atau Parigi Moutong sampai dengan Poso. Mereka bergerak di antara tiga kabupaten tersebut di daerah hutan. Untuk bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya," lanjut Awi.

Sebelumnya, pemerintah mengutuk keras pembantaian yang terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah. Setidaknya empat orang tewas bahkan ada korban dengan kepala terpenggal oleh kelompok MIT. MIT menyatakan melakukan keberingasan terhadap empat orang dan gereja mereka karena marah terhadap polisi. Hal itu dilakukan sebagai wujud balas dendam.

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

Pemerintah juga menyatakan akan mengejar para pelaku teror atau teroris tersebut lebih keras melalui penambahan kekuatan Satgas Tinombala. (ren)
 

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Para terduga teroris tersebut mengikuti pelatihan secara fisik juga paramiliter di Poso.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024