FOTO: Amuk Gunung Semeru Tengah Malam

Gunung Semeru di Jawa Timur mengeluarkan lava pijar disertai awan panas sejak Senin tengah malam, 30 November 2020 hingga Selasa dini hari.
Sumber :
  • Dokumentasi Pos Pantau Gunung Api Semeru

VIVA – Gunung Semeru di Jawa Timur dilaporkan mengeluarkan lava pijar disertai awan panas sejak Senin tengah malam hingga Selasa dini hari, 1 Desember. Guguran lava pijar disertai awan panas itu mencapai 3 ribu meter dari puncak menuju Besuk Kobokan, Lumajang.

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Otoritas Gunung Semeru sempat menaikkan status kegempaan Semeru dari level II (waspada) menjadi level III (siaga). Pada Selasa pagi, status itu diturunkan ke level waspada setelah aktivitasnya agak mereda.

Photo :
  • Dokumentasi Pos Pantau Gunung Api Semeru
3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Namun, status kedaruratan itu dinamis alias bisa berubah setiap saat karena aktivitas vulkanik Semeru masih fluktuatif, seperti halnya pada Selasa tengah malam yang mendadak menyemburkan lava pijar disertai awan panas. Di saat yang sama petir menyambar-nyambar yang memperlihatkan seperti gunung api dan langit yang sedang mengamuk.

Photo :
  • Dokumentasi Pos Pantau Gunung Api Semeru
Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Luncuran lava pijar, menurut Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Lumajang, awalnya meluncur pada jarak seribu meter arah Besuk Kobokan. Kemudian pada pukul 02.00 WIB mencapai 3 ribu meter. Meski begitu, permukiman warga di kaki Gunung Semeru aman dan tidak ada korban jiwa.

Baca: Nestapa Gunung Semeru Kini Banyak Sampah Tisu Basah Bekas Cebok

Photo :
  • Dokumentasi Pos Pantau Gunung Api Semeru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya