Cuaca Buruk, Nelayan asal Lombok Hilang di Laut

Tim SAR Lakukan Pencarian Nelayan yang Hilang di Lombok NTB
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar

VIVA – Nelayan asal Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinyatakan hilang saat pergi melaut. Faktor cuaca buruk, diperkirakan menjadi penyebabnya.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Kepala Basarnas Mataram, Nanang Sigit, mengatakan, nelayan yang diduga kuat tenggelam tersebut bernama Hidayat (27 tahun).

"Kami menerima laporan terkait nelayan yang pergi melaut sejak Minggu sore sekitar pukul 16.00 Wita di perairan Pantai Gerupuk dan belum kembali hingga sekarang," kata Nanang, Selasa 1 Desember 2020.

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Baca juga: Hujan Abu Gunung Semeru Mencapai Radius Lebih 20 Kilometer

Nanang mengatakan, nelayan tersebut diduga tenggelam setelah perahu miliknya ditemukan oleh nelayan dari Batu Nampar lengkap dengan mesinnya, tidak jauh dari tempat biasanya korban mencari gurita.  

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Setelah mendapatkan laporan, Basarnas Mataram mengerahkan tim rescue Pos Siaga SAR Mandalika. Dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) 09 Mataram, mereka bergabung dengan nelayan setempat, penyelam tradisional dan unsur lainnya untuk melakukan pencarian.

“Setelah dilakukan penyelaman dan penyisiran dari permukaan air di lokasi kejadian dan sekitarnya, hingga jam enam sore tim SAR gabungan belum berhasil menemukan korban, pencarian akan kembali kami lanjutkan esok hari,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada warga khususnya yang berprofesi sebagai nelayan, agar selalu memperhatikan faktor keselamatan dengan melengkapi diri dengan peralatan safety seperti life jacket/pelampung selama melakukan aktivitas di perairan. Juga diminta tidak memaksakan diri melaut jika cuaca kurang bersahabat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya