Habib Rizieq Masih Isolasi Mandiri, Diswab PCR Secara Berkala

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mengaku masih menjalani observasi kesehatan pasca hadir dalam kegiatan yang memunculkan kerumunan massa di Petamburan, Jakarta pada Sabtu malam, 14 November 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Itu sebabnya Habib Rizieq Shihab harus membatasi pertemuan dengan para ulama, habaib dan para tokoh yang mau silaturahmi. “Saya masih dalam observasi untuk menjaga kesehatan dan keluarga atas saran tim medis,” kata Habib Rizieq dalam acara virtual pada Rabu, 2 Desember 2020.

Atas saran tim medis, Habib Rizieq secara berkala diperiksa dengan rapid test, swab antigen, swab PCR dan sebagainya. Namun, kata dia, ini bukan soal positif COVID-19 atau negatif.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Memang, Habib Rizieq mengatakan dalam situasi penuh sesak saat kerumunan massa pada acara di Bandara Soekarno-Hatta, Tebet, Petamburan, dan Megamendung. Maka, harus isolasi diri dan karantina diri.

“Walaupun tidak COVID-19 sekalipun, tetap untuk pemulihan dan menjaga kesehatan. Saya serahkan semua ke tim medis. Jadi silakan diperiksa sebaik-baiknya dan seterusnya secara berkala,” ujarnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Di samping itu, Habib Rizieq minta maaf juga kepada para alim ulama yang ingin datang ke rumahnya diterapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Bahkan, dilakukan rapid tes dan swab antigen bagi tamu yang datang tanpa terkecuali.

“Kita periksa rapid tes atau tes swab antigen yang hasilnya lebih tepat. Kalau memang mereka negatif, kita persilakan masuk dengan tetap menjaga jarak, menjaga protokol kesehatan. Kita bisa ngobrol, tapi dalam jumlah sangat dibatasi. Kalau dalam pemeriksaan tadi ada yang positif, langsung kita arahkan tim medis,” ungkapnya

Seperti diketahui, Habib Rizieq pulang dari rumah sakit atas keinginan pihak keluarga. Meskipun pihak RS sudah menyarankan agar dia tetap berada di rumah sakit sampai menunggu hasil pemeriksaan itu selesai, tapi Habib Rizieq tetap meminta untuk pulang.

Namun, menurut Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat, karena proses medis belum selesai, pihak rumah sakit menyarankan agar Habib Rizieq dan keluarga isolasi mandiri. 

"Sehubungan dengan adanya hasil yang belum selesai, kami mohon juga kepada keluarga besar Habib Rizieq Shihab untuk menyarankan proses isolasi ya," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya