Dua Orang dari Massa Penggeruduk Rumah Mahfud MD Diperiksa Polisi

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kepolisian Resor Pamekasan menyelidiki peristiwa penggerudukan rumah Menkopolhukam Mahfud MD oleh massa mengatasnamakan ‘Umat Islam Kabupaten Pamekasan’ di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada Selasa kemarin, 1 Desember 2020. Dua orang dari pihak massa sudah dimintai keterangan oleh penyelidik kepolisian setempat.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, dua orang yang dimintai keterangan itu adalah bagian dari massa yang mendatangi rumah yang ditinggali ibunda Mahfud MD tersebut. Truno tak menyebutkan apa peran dua orang yang diperiksa itu dalam kejadian itu.

“Dua orang yang ada di lokasi sedang didalami oleh Kepolisian Resor Pamekasan di-back up oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur. Langkah selanjutnya, kita masih menunggu hasil penyidik untuk proses pendalaman ini,” kata Truno di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Rabu, 2 Desember 2020.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Baca: Rumah Dikepung Massa Berserban, Mahfud MD: Mereka Ganggu Ibu Saya

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu menambahkan, selain memeriksa dua peserta massa, polisi juga menganalisis rekaman video yang menggambarkan kejadian itu dan viral di media sosial. Suara yang terdengar di video tersebut juga dianalisis. Proses itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti ada atau tidaknya unsur pidana.

Viral! Bocah 4 Tahun di Madura Tunangan, Ternyata Ini Alasannya

Ia menjelaskan, sebelum kejadian, massa mengatasnamakan ‘Umat Islam Kabupaten Pamekasan’ melakukan aksi solidaritas kepada Habib Rizieq Shihab (HRS) di kawasan Arek Lancor. Setelah aksi, massa kemudian membubarkan diri lalu pulang berpencar-pencar dalam beberapa kelompok. “Ada [rombongan massa pulang] yang ke utara, ada yang ke barat, dan ada yang ke arah Kecamatan Proppo,” ujar Truno.

Nah, salah satu kelompok massa kebetulan melewati rumah Mahfud MD yang berada di pinggir jalan. Karena sudah pulang, Truno menyebut massa yang menggeruduk itu dengan massa cair. Beruntung, beberapa polisi berada di lokasi sehingga sejak awal bisa berupaya meminta massa untuk membubarkan diri.

Video massa menggeruduk rumah Mahfud MD di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, beredar di media sosial. Dalam video terlihat massa turun dari sebuah truk. Di video lain, terlihat sekumpulan orang mengerumuni sebuah rumah sambil berteriak-teriak. Perekam video bersuara, "Rumahnya Mahfud MD yang di Pamekasan digerebek massa." (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya