Setelah Wali Kota, Kini Sekda Kota Malang Terkonfirmasi COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/Harryarts

VIVA – Terjadi penambahan kasus penularan COVID-19 pada klaster Balai Kota Malang. Pemerintah Kota Malang mengumumkan, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto, terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu, 2 Desember 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebelumnya, 15 aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Malang dinyatakan reaktif dan terindikasi COVID-19.  Kemudian Wali Kota Malang, Sutiaji, beserta istri Widiyawati dan anaknya dinyatakan positif COVID-19.

Widyawati, istri wali kota Malang, merupakan seorang ASN yang menjabat sebagai salah satu kepala bidang di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Dinas ini sempat menjadi klaster penularan COVID-19 di lingkungan Pemkot Malang usai 4 pegawai terkonfirmasi positif COVID-19 pada 6 November 2020 silam. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Baru saja terinformasikan (Sekda Kota Malang), beliau positif (COVID-19)," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, Rabu, 2 Desember 2020. 

Baca juga: 437 Orang Kontak dengan Anies dan Riza Dites Swab COVID-19

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Nama Wasto masuk dalam daftar 15 ASN yang reaktif setelah menjalani rapid test sebanyak dua kali dengan hasil sama. Selanjutnya, 15 ASN ini menjalani uji swab untuk memastikan positif atau negatif dari COVID-19. Satu dari 15 ASN itu telah dinyatakan positif, yakni Wasto. 

"Untuk wali kota dan keluarga isolasi mandiri di rumah. Untuk pak Sekda di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang," ujar Nur Widianto. 

Widianto mengatakan, langkah pelacakan cepat langsung dilakukan oleh Pemkot Malang. Diantaranya, melakukan uji swab kepada ASN yang beraktivitas di lingkungan sekretariat Pemkot Malang di Balai Kota, dan ASN di rumah dinas wali kota, di Jalan Ijen Kota Malang.  

"Saat ini tentu dua titik perhatian kami, selain di sekretariat Balai Kota Malang, yaitu rumah dinas wali kota. Maka untuk semua ASN, semuanya di lingkaran ini dilakukan swab," tutur Nur Widianto. 

Dengan tambahan 2 pasien positif COVID-19 dari ASN Pemkot Malang, yakni Wasto dan Widiyawati. Maka jumlah keseluruhan ASN di Pemkot Malang yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 27 orang. Sudah ada 25 ASN kini sembuh dan beraktivitas kembali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya