Ribuan Rumah di Medan Terendam Banjir, Dua Orang Tewas

Ribuan rumah di Medan terendam banjir.
Sumber :
  • VIVAnews/ Putra Nasution.

VIVA - Hujan mengguyur Kota Medan, pada Kamis malam, 3 Desember 2020, sekitar pukul 21.00 WIB. Akibatnya, tercatat sebanyak 2.773 rumah warga di kota terbesar nomor tiga di Indonesia ini terendam banjir dengan ketinggian air hingga mencapai 3 meter.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, banjir merendam tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah, dan Medan Polonia.

Baca juga: Cilegon Terendam Banjir Hingga 1 Meter, Polisi Evakuasi Warga

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Selain itu, 1.983 kepala keluarga dengan total 5.965 jiwa terdampak. Mereka terangkum dari tujuh kecamatan dan 13 kelurahan di Kota Medan. Seluruh warga sudah diungsikan.

"Debit air yang cukup besar dari hulu yang mengakibatkan kenaikan Tinggi Muka Air Daerah Aliran Sungai (TMA-DAS) di beberapa ruas sungai di Kota Medan. Antara lain Sungai Sunggal, Sungai Deli, Sungai Babura dan Sungai Denai," kata Sekretaris BPBD Kota Medan, Nurly, Jumat, 4 Desember 2020.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Nurly menjelaskan bahwa hingga dini hari ketinggian air TMA-DAS mengalami kenaikan 3 meter hingga 5 meter. Saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Medan sudah melakukan beberapa evakuasi di beberapa tempat di Kota Medan antara lain, Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Sunggal, dan Medan Tuntungan.

"Saat ini informasi yang diterima terdapat 6 orang dinyatakan hilang, di antaranya 5 dewasa dan 1 balita. Dan pagi tadi, berhasil ditemukan 2 orang dewasa dalam keadaan meninggal dunia. Karena terseret arus banjir," kata Nurly. (art)

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024