Satgas Ingatkan Kasus COVID-19 Bisa Naik 100 Persen saat Liburan

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito.
Sumber :
  • Dokumentasi Satgas COVID-19.

VIVA – Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menjelaskan, beberapa kali masa libur panjang telah menyebabkan kasus COVID-19 mengalami peningkatan yang tinggi. 

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

"Naiknya  50 sampai lebih 100 persen," kata Wiku dalam konferensi pers melalui channel YouTube, Jumat, 4 Desember 2020.

Wiku menjelaskan dari awal masa pandemi COVID-19, telah ada tiga kali masa libur panjang. Saat itu juga, angka kasus meningkat setelahnya.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Baca juga: Hashim: Keluarga Kami Termasuk Prabowo Tak Ada Kaitan dengan PT ACK

Wiku menjelaskan, sejak pandemi COVID-19 terjadi Indonesia, sedikitnya ada tiga agenda libur panjang yang dijalani masyarakat, yaitu perayaan Idul Fitri, perayaan kemerdekaan 17 Agustus, dan libur panjang 28 Oktober - 1 November.

Fakta-fakta Doni Monardo Pernah Jadi Ketua Satgas COVID-19

Libur panjang itu berdampak kenaikan kasus COVID-19 antara 10-14 hari kemudian, terhitung dari masa liburan. Kasus kenaikan tersebut bisa bertahan antara 1-2 pekan berikutnya. "Selalu polanya seperti itu dan makin ke sini, semakin menggila naiknya," katanya.

Untuk menekan penularan kasus, ia mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan. Pemerintah dari pusat hingga daerah harus terus gencar mensosialisasikan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), hingga masyarakat benar-benar memahami.

“Pemerintah daerah harus berani dan tegas membubarkan kerumunan tanpa pandang bulu dan melakukan kampanye 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Masyarakat harus mengerti bahwa di masa pandemi ini, aplikasi 3M merupakan kewajiban dan bukan pilihan," katanya. 

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 4 Desember 2020: Kasus Sembuh Sudah 466.178

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya