Ulang Tahun GAM Diperingati di Aceh, Polisi Sebut Kondusif

Sekelompok massa memperingati Milad ke-44 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan mengibarjan bendera bintang bulan di halaman Masjid Raya Baiturrahmam, Banda Aceh, Jumat, 4 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Awi Setiyono, mengatakan situasi Provinsi Aceh sejauh ini kondusif meski dilakukan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang jatuh pada hari Jumat, 4 Desember 2020.

Bagaimana Orang Rusia Menggunakan Kode untuk Hindari Sensor dan Polisi

“Alhamdulillah masih kondusif,” kata Awi di Mabes Polri di Jakarta, Jumat 4 Desember 2020.

Menurut dia, aparat Polri bersama TNI masih melakukan pengamanan-pengamanan dan monitoring terkait perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Aceh. Memang, sempat ada masyarakat sempat melakukan peringatan HUT GAM dengan beberapa tuntutan.

Polisi Australia Penembak Mati Pria Aborigin Divonis Tak Bersalah

“Tuntutan itu dilakukan secara sporadis di Masjid Baitul Rahman. Memang itu di luar apa yang disampaikan oleh pimpinan mereka bahwasanya peringatan disampaikan di daerah masing-masing, ternyata ada beberapa orang yang menyampaikan aspirasinya di depan masjid,” ujarnya.

Pada intinya, lanjut mantan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya itu, tuntutan mereka menaruh tanda gambar GAM di pemerintahan Aceh sesuai dengan Perjanjian Helsinki. Namun, sampai sekarang hal itu disebut belum teralisasi oleh pemerintah.

Aliran Dana Diendus Lewat Payment Gateway, Indra Kenz Tak Main Sendiri

“Ya pada intinya, yang penting kan situasi kondusif sudah berjalan dengan normal kembali yang tadinya sempat ada semacam demo. Alhamdulillah, situasi aman kondusif,” kata Karo Penmas. (ren)

Anggota Polres Lombok Tengah yang berjanggut dihukum push-up

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Jelang MotoGP, anggota polisi di NTB mesti tertib disiplin dan patuh. Jangan ada anggota yang melanggar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022