Logo BBC

Kota Tangerang Selatan Dilirik Tiga Dinasti Politik

Tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yakni Muhammad - Rahayu Saraswati, Azizah - Ruhamaben dan  Benyamin Davnie - Pilar Saga Ikhsan dalam debat di Jakarta,  (22/11/2020) - ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yakni Muhammad - Rahayu Saraswati, Azizah - Ruhamaben dan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ikhsan dalam debat di Jakarta, (22/11/2020) - ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Sumber :
  • bbc

Untuk pertama kalinya dalam Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan, di setiap pasangan calon melibatkan seorang tokoh dari dinasti politik berpengaruh.

Pengamat mengatakan tokoh-tokoh nasional melirik kota itu sebagai batu loncatan karir politik dan bahwa faktor kekebaratan di tengah pandemi dinilai membantu pengenalan pasangan calon di tengah pembatasan kampanye.

Sementara, warga Tangsel mengutarakan harapan perubahan kepemimpinan yang akan membawa pengembangan merata di kota penyangga ibu kota Jakarta itu.

Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan tahun ini menarik perhatian para elit politik, dengan setidaknya satu orang dari ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota memiliki keterkaitan dengan dinasti politik.

Mereka adalah Siti Nur Azizah, yang merupakan putri Wakil Presiden Ma`aruf Amin, dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan Ketua Umum Partai Gerindra dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lainnya, Pilar Saga Ichsan, anak dari bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan masih kerabat dekat Ratu Atut Chosiyah, gubernur Provinsi Banten selama dua periode sebelum dinonaktifkan pada Mei 2014 akibat kasus suap.

Sementara itu, situasi pandemi Covid-19 membuat cara paslon berinteraksi dengan para pemilih menjadi relatif lebih terbatas.