Langgar Protokol Kesehatan, Pemkot Yogya Bubarkan Festival Scooter

Satpol PP lakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Sebuah acara bagi penggemar vespa di Kota Yogyakarta dibubarkan oleh petugas gabungan dari Satpol PP dan kepolisian, Sabtu 5 Desember 2020. Acara bertajuk Indonesia Scooter Festival (ISF) #4 ini dibubarkan karena dinilai melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Acara ISF #4 yang digelar di Lippo Mall, Jalan Laksda Adisutjipto, Kota Yogyakarta ini dibubarkan petugas gabungan, karena mengundang kerumunan penggemar vespa dari berbagai daerah.

Kerumunan penggemar vespa ini sempat terlihat di area sekitar penyelenggaraan acara. Selain itu di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta pun juga muncul kerumunan serupa.

Guna membubarkan kerumunan ini, petugas gabungan dari Satpol PP dan Kepolisian pun turun tangan, baik mendatangi langsung kerumunan hingga mengimbau dengan memakai pengeras suara.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: KPK Tetapkan Mensos Juliari P Batubara Tersangka

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad membenarkan pembubaran kerumunan pengemudi vespa tersebut. Pembubaran ini karena dinilai melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yaitu banyaknya kerumunan dan tak memakai masker.

"Dari tadi sore anggota Pol PP DIY, Pol PP Kota, dan Polda DIY serta Polres kota Yogyakarta, bersama-sama membubarkan kerumunan skuter. Mereka banyak tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak," kata Noviar saat dihubungi, Sabtu 5 Desember 2020 malam.

Noviar menjelaskan jika dari perizinan acara ISF #4 ini digelar selama dua hari yaitu tanggal 5 dan 6 Desember 2020. Namun karena dianggap tak mematuhi protokol kesehatan, maka acara tersebut pun dihentikan izinnya.

"Malam ini saya sudah keluarkan surat pemberian sanksi berupa penghentian kegiatan. Malam ini juga kita halau mereka keluar kota," tegas Noviar.

"Dalam izinnya mereka akan melaksanakan kegiatan sampai besok, tapi saya hentikan mulai malam ini. Sesuai Pergub 77 tahun 2020, sanksinya adalah penghentian operasional kegiatan," ungkap Noviar.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kerumunan pengemudi vespa ini nampak berkerumun di sejumlah jalan seperti Jalan Laksda Adisutjipto, Jalan Urip Sumoharjo hingga Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Hingga saat ini, pihak penyelenggara ISF #4 belum memberikan jawaban atau tanggapan atas pembubaran acara tersebut.

Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024