1,8 Juta Vaksin COVID-19 Tiba Lagi Awal Januari 2021

Vaksin COVID-19 tiba di Tanah Air, Minggu malam
Sumber :
  • Repro Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Vaksin virus Corona atau COVID-19 tiba di Tanah Air, Minggu malam, 6 Desember 2020. Vaksin buatan Sinovac asal Tiongkok itu dibawa menggunakan pesawat Boeing 777-300ER Garuda Indonesia yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, sekira pukul 21.30 WIB. 

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Dalam keterangan pers secara virtual, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah Indonesia pada hari ini telah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin Sinovac yang tiba hari ini sebelumnya telah dilakukan uji secara klinis di Bandung, sejak Agustus 2020 yang lalu. 

"Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021," kata Jokowi 

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan Desember ini juga akan tiba sebanyak 15 juta dosis vaksin dan 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah, yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

"Kita amat bersyukur, alhamdulilah, vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah COVID-19. Tapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," ujarnya.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meyakini bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2021 akan tumbuh positif.

Dia mengklaim bahwa saat ini pemerintah sudah bisa menekan pandemi COVID-19, karena Presiden Jokowi telah menugaskannya untuk mengkoordinasikan upaya penekanan kasus COVID-19 di delapan provinsi yang mencakup lebih dari 70 persen kasus di Indonesia.

"Dan kalau semua (upaya menekan kasus COVID-19) berjalan sesuai rencana, Insya Allah kami berharap pasokan vaksin COVID-19 sudah siap pada Desember 2020 dan segera ditindaklanjuti dengan vaksinasi di 2021," kata Luhut dalam telekonferensi, Rabu 2 Desember 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya