Menkes Dorong RSJ Punya MRI Canggih untuk Deteksi Gangguan Jiwa

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA –  Intervensi medis yang inovatif diperlukan untuk bisa menyembuhkan pasien gangguan jiwa dan autisme secara cepat. Inovasi intervensi medis ini bisa diterapkan yang salah satunya dengan fasilitas kesehatan Magnetic resonance imaging (MRI).

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia mengatakan hal ini saat menyambangi Gedung Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Anak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. Soerojo Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Terawan, dengan hasil pemeriksaan MRI maka setiap penderita bisa didiagnosa kondisi kesehatannya. Kemudian, selanjutnya dokter bisa melakukan tindakan medis yang sesuai.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Dia menyinggung kajian yang pernah dilakukannya menyangkut kunci penanganan gangguan jiwa dengan tekanan perfusi otak. Hal ini terkait tekanan perfusi otak yang ditingkatkan maka akan berpengaruh terhadap kesehatan penderita.

Terawan menyampaikan cara meningkatkan perfusi itu ada beberapa macam. Salah satunya bisa dengan fisioterapi. Namun, kata dia, sebaiknya tetap diiringi dengan inovasi intervensi medis berbasis MRI.

Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

“Kita selama ini kan konservatif semua, dengan cara EKG, tapi tidak melihat secara imagine,” ujar Terawan, dalam keterangan resminya, Jumat, 11 Desember 2020.

Kata dia, masalah gangguan jiwa dan autisme penting lantaran banyak juga yang menimpa kalangan anak remaja di Tanah Air. Padahal, usia anak-anak dan remaja adalah aset sumber daya manusia (SDM) bangsa.

Maka itu, ia mengingatkan pentingnya RSJ itu terdapat fasilitas MRI yang canggih. Dengan MRI, kelebihan lainnya bisa mendeteksi dini anak-anak yang gangguan jiwa dan autis.

"MRI yang canggih sekali, minimal tiga tesla. Tujuannya untuk melakukan deteksi pada anak-anak yang autis dan gangguan jiwa,” jelasnya.

Pun, ia menekankan Kementerian Kesehatan siap bantu rumah sakit dalam urusan inovasi intervensi medis. Bagi dia, inovasi ini diperlukan bukan hanya RSJ, tapi juga seluruh rumah sakit di Tanah Air.

Usai dari RSJ Magelang, Terawan menyempatkan berkunjung ke RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Jawa Tengah. Ia mengapresiasi fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut mulai dari MRI hingga CT scan.

Wah, canggih ini fasilitas kesehatannya, lanjutkan inovasinya,” kata Terawan memuji kondisi mesin MRI di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Baca Juga: menkes="" tag="" www.viva.co.id="">menkes-terawan-muncul-dan-ungkap-kenaikan-kesembuhan-covid-19">Menkes Terawan Muncul dan Ungkap Kenaikan Kesembuhan COVID-19
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya