Polisi Akan Periksa Keluarga Habib Rizieq soal Kasus Penembakan

Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu, 12 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Tim penyidik Bareskrim Polri berencana meminta keterangan dari keluarga Habib Muhammad Rizieq Shihab saat terjadi penembakan di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, penyidik saat ini masih mendalami terlebih dahulu siapa saja yang ada di dalam rombongan tersebut. 

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Pengecut, Takut Diperiksa Komnas HAM, Cek Faktanya

Gathan Saleh Bakal Lakukan Rekonstruksi Kasus Penembakan di Jatinegara Hari Ini

"Menjadi bagian yang sedang didalami penyidik," kata Andi saat dihubungi wartawan pada Rabu, 16 Desember 2020.

Menurut dia, penyidik sudah meminta keterangan para saksi terkait kasus penembakan terhadap enam orang Laskar FPI di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek. Para saksi yang dimintai keterangannya dari masyarakat, ahli dan aparatur sipil negara (ASN).

Satu Keluarga Ditangkap, Diduga Terlibat Penembakan Brutal di Gedung Konser Rusia

"Sudah 35 saksi diperiksa," ujarnya.

Selain itu, penyidik juga masih melakukan pengejaran terhadap empat orang yang melarikan diri usai terjadi penyerangan di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin dini hari, 7 Desember 2020.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, dan Polres Karawang menggelar rekonstruksi di empat titik terkait dengan kasus penyerangan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, dalam empat tempat kejadian perkara (TKP) setidaknya digelar 58 adegan rekonstruksi yang memperlihatkan bagaimana awal mula penyerangan Laskar FPI hingga polisi melakukan tindakan tegas terukur.

"Dalam proses rekonstruksi malam ini setidaknya ada 58 adegan rekonstruksi," kata Argo saat meninjau langsung proses rekonstruksi, Senin dini hari, 14 Desember 2020.

Argo merinci, pada TKP I tepatnya di depan Hotel Novotel, Jalan Karawang Internasional, setidaknya ada sembilan adegan. Sementara lokasi II yakni, selepas bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke rest area KM 50 ada empat adegan.

Sedangkan di rest area KM 50 yang menjadi TKP ketiga penyidik melakukan adegan rekonstruksi sebanyak 31. TKP terakhir yakni, Tol Japek selepas rest area KM 50 hingga KM 51 200, penyidik memperagakan 14 adegan.

Argo menambahkan, rekonstruksi yang digelar secara transparan ke masyarakat ini setidaknya menghadirkan saksi sebanyak 28 orang. Bahkan, empat di antaranya merupakan polisi yang menjadi korban dalam penyerangan tersebut.

"Jumlah saksi yang dihadirkan malam ini ada 28 orang. Saksi korban ada empat," ujar Argo.

Baca juga: 4 Pengikut Rizieq yang Kabur Ditemukan Geletak di Jalan, Cek Faktanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya