Ribuan Kotak Amal Terduga Teroris Tersebar di Jatim, Polda No Comment

Ilustrasi penangkapan terduga teroris
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Markas Besar Kepolisian RI mengumumkan adanya ribuan kotak amal yang tersebar di sejumlah daerah yang dimanfaatkan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) untuk operasional mereka. Daerah sebaran kotak amal itu di antaranya di Kota Surabaya, Malang, dan Kabupaten Magetan.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Mabes Polri menyebutkan, di Surabaya, terdapat sekira 800 kotak amal yang diduga dimanfaatkan oleh kelompok JI. Sementara di Malang terdapat sekira 2.500 kotak. Di Magetan sebanyak 2.000 kotak.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko ogah berkomentar ditanya soal itu. Menurutnya, penyelidikan soal kotak amal yang diduga dimanfaatkan kelompok JI ditangani Mabes Polri. "Saya enggak komen, itu langsung Mabes Polri," kata Trunoyudo saat dihubungi VIVA pada Kamis, 17 Desember 2020.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Baca: Ini Sepak Terjang Zulkarnaen, Pelaku Bom Bali I

Dihubungi terpisah, Kepala Kepolisian Resor Magetan, Ajun Komisaris Besar Polisi Festo Ari Permana, mengatakan bahwa pihaknya menindaklanjuti informasi yang disampaikan oleh Mabes Polri.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Mantan Kepala Subdirektorat Perbankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim itu ogah menyebutkan secara rinci hasil penyelidikan sementara yang dilakukan pada ribuan kotak amal yang diduga dimanfaatkan kelompok JI yang tersebar di Magetan. "Yang nyebut 2.000 kotak amal itu, kan, Mabes Polri, bukan saya," ujarnya. (ren)

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024