Tersangka Teroris Upik Lawanga Disebut Ahli Rakit Bom High Explosive

Ilustrasi penangkapan oleh Densus 88
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka

VIVA – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, mengungkapkan seorang tersangka teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI), Taufik Bulaga alias Upik Lawanga, mendapat pesanan membuat senjata api rakitan sejak enam bulan lalu.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

“Tersangka Upik Lawanga ini bulan Agustus 2020 sudah dipesan rakitan senpi dari pimpinannya mulai Agustus 2020,” kata Argo di kantor Bareskrim Polri, Jumat 18 Desember 2020.

Menurut dia, Upik Lawangan memang punya kemampuan membuat senjata api rakitan. Namun, Argo belum tahu kapan senjata yang dipesan kepada Upik Lawanga akan digunakan. Sebab Densus 88 Antiteror Polri masih mendalami pemeriksaan Upik setelah dibawa ke Jakarta dari Lampung.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Baca: Ini Sepak Terjang Zulkarnaen, Pelaku Bom Bali I

“Dia (Upik Lawanga) juga kemampuannya rakit bom high explosive, dan senpi, serta kemampuan militer,” ujar Argo.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Ada sejumlah barang bukti yang disita oleh Densus 88 Antireror Polri, di antaranya senjata api rakitan dan bunker yang diduga untuk menyimpan senjata. Bunker itu akan diperlihatkan di rumah Upik Lawanga di Lampung pada Sabtu, 19 Desember.

"Tentunya barbuk yang disita di rumah Upik, senjata rakitan dan bunker, besok Kabag Penum [Kombes Ahmad Ramadhan] datang ke Lampung. Di sana melihat lokasinya bunker itu seperti apa, biar paham ada senpi disimpan di mana," lanjut Kadivhumas. (ren)

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024