Kapal Wisata di Riau Terbalik, 1 Penumpang Tewas

Ilustrasi kapal kandas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA – Kapal wisata yang mengangkut 40 orang penumpang terbalik di Danau PLTA Koto Panjang Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu 19 Desember 2020 sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Insiden itu terjadi sekitar lebih kurang satu kilometer dari Pulau Puti Dermaga Tepian Mahligai yang dikenal sebagai kawasan wisata di bumi lancang kuning.

Satu orang penumpang kapal, Salman Alfarisi (38) tenggelam dan kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sedangkan puluhan penumpang lainnya selamat.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Riau, Komisaris Besar Sunarto membenarkan atas adanya peristiwa tersebut. Korban yang meninggal dunia adalah bagian dari ASPRI Riau.

"Ada satu korban jiwa merupakan warga asal Pekanbaru. Korban sempat dibawa ke RSUD Bangkinang," kata Sunarto.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Informasi yang dirangkum menyebutkan kapal bermuatan puluhan penumpang hendak menuju dermaga. Namun tiba-tiba kapal berbelok ke kanan terlalu patah yang mengakibatkan kapal terbalik dan nyaris tenggelam.

Pertolongan cepat dilakukan sehingga puluhan orang dapat dievakuasi berikut bangkai kapal wisata Banawa Nusantara 58 yang merupakan milik pariwisata Kampar.

Sedangkan satu orang atas nama Salman Alfarisi sempat dilaporkan hilang tenggelam dan baru ditemukan setelah proses pencarian dilakukan. Sampai berita ini diturunkan kepolisian masih melakukan penyelidikan atas musibah yang terjadi.

Baca juga: Kronologis Dua Anggota Polisi Dianiaya Saat Bubarkan Aksi 1812

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya