3 Menteri Baru Jokowi Berlatar Belakang Pengusaha, Ada Sandiaga Uno

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengumumkan enam menteri baru di kabinet Indonesia Maju. Tiga di antaranya berlatar belakang pengusaha. Ketiganya adalah Sandiaga Uno, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Luthfi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Saat mengenalkan jajaran baru menterinya, Jokowi menyebut Sandiaga adalah pengusaha yang juga pernah menjabat Ketua Umum HIPMI. Sebelum terjun ke politik dan menjadi kader Partai Gerindra, Sandiaga dikenal juga sebagai pendiri perusahaan investasi Saratoga.

"Dan saat ini Beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 22 Deember 2020.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Baca juga: Sandiaga hingga Risma Isi Kabinet Hasil Reshuffle 2020

Setelah itu adalah Sakti Wahyu Trenggono. Dia dikenal selain Bendahara Tim Kampanye Jokowi - Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu, juga adalah seorang pengusaha di bidang telekomunikasi. Ia ikut tergabung mendirikan PT Tower Bersama Infrastruktur.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

"Beliau sekarang ini memegang jabatan Wakil Menteri Pertahanan, dan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," ujar Jokowi.

Sementara, Muhammad Lutfi mengisi pos Kementerian Perdagangan. Saat ini ia masih menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Ia juga pernah memimpin asosiasi pengusaha HIPMI dan ikut membentuk kelompok usaha bernama Mahaka Grup.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo akhirnya melakukan reshuffle terhadap sejumlah menterinya di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Termasuk yang tersangkut masalah di KPK, yakni Juliari Batubara yang sebelumnya menjadi Menteri Sosial, dan Edhy Prabowo yang sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan.

Keputusan untuk melakukan reshuffle terhadap sejumlah menteri tersebut, diumumkan sendiri oleh Presiden Jokowi, melalui laman YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 22 Desember 2020. Jokowi memperkenalkan nama-nama menteri baru itu di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta.

Ada enam menteri baru yang menjabat hasil reshuffle kabinet 2020 ini, yakni:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M. Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya