Sakti Wahyu Trenggono, Wamenhan Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Sakti Wahyu Trenggono
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Presiden Jokowi memilih Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru. Trenggono menggantikan Edhy Prabowo. Kursi itu kosong lantaran Edhy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus korupsi ekspor benih lobster.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan. Dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," kata Jokowi saat mengumumkan satu per satu menteri barunya di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.

Nama Sakti Wahyu Trenggono memang dikenal sebagai raja menara. Pengusaha sewa menara yang sukses dengan Teknologi Riset Global (TRG) Investama yang menguasai ribuan menara di seluruh Indonesia. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Baca juga: 3 Menteri Baru Jokowi Berlatar Belakang Pengusaha, Ada Sandiaga Uno

Trenggono pernah menjadi Bendahara Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu. Jauh sebelum itu, dia telah malang melintang dikenal sebagai pengusaha di bidang telekomunikasi.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Saat ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertahanan, Trenggono diminta Jokowi untuk memajukan industri militer dan pertahanan Tanah Air.

Mas Treng, begitu ia disapa, turut mendirikan PT Tower Bersama Infrastruktur. Alumni Institut Teknologi Bandung ini juga memiliki bisnis di bidang properti, e-commerce dan energi.

Beberapa orang menyebut, Trenggono telah mengenal Jokowi sejak lama dan mengawali karier di PT Astra International.

Rencananya Trenggono dan lima menteri baru lainnya akan dilantik esok hari, Rabu, 23 Desember 2020.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya melakukan reshuffle terhadap sejumlah menterinya di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Termasuk yang tersangkut masalah di KPK, yakni Juliari Batubara yang sebelumnya menjadi Menteri Sosial, dan Edhy Prabowo yang sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan.

Keputusan untuk melakukan reshuffle terhadap sejumlah menteri tersebut diumumkan sendiri oleh Presiden Jokowi melalui laman YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 22 Desember 2020. Jokowi memperkenalkan nama-nama menteri baru itu di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta.

Ada enam menteri baru yang menjabat hasil reshuffle kabinet 2020 ini, yakni:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M. Luthfi sebagai Menteri Perdagangan

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya