Ditunjuk Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno Paparkan Strategi Kerja

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Dia menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Sandiaga menyadari tugas barunya ini cukup berat ke depan karena masih dibayang-bayangi pandemi COVID-19, yang membuat pariwisata jadi sektor yang paling terpukul. Ini mengakibatkan banyak pengangguran baru. Untuk itu, tantangan bagi Sandi sebagai Menparekraf adalah menciptakan lapangan pekerjaan.

"Belasan, mungkin puluhan juta [warga] yang harus kita selamatkan. Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif pasca-pandemi COVID-19. Untuk itu, kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia," kata Sandiaga di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 22 Desember 2020.

Digadang Maju Pilgub DKI, Sandiaga Uno: Tugas Resmi Belum, Kita Pertimbangkan secara Serius

Baca juga: Program Risma: Perbaiki Data Bansos hingga Pemberdayaan Fakir Miskin

Menurut Sandiaga, strategi yang akan dia ambil adalah dengan pendekatan inovasi serta big data. Itu digunakan, tentunya dengan pendekatan teknologi, sehingga masalah dan peluang bisa ditentukan dengan cepat.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Bukan hanya survive but also thrive, bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang strategi inovasi. Kedua adalah strategi adaptasi karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut politisi Partai Gerindra itu, pihaknya bakal menggandeng kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah dalam rangka menggairahkan kembali sektor pariwisata. Tidak lupa, dia mengajak akademisi, kalangan pengusaha untuk ikut rembug membantunya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pemimpin Kementerian Parekraf sebelumnya, tentunya kita harus terus menjalankan kolaborasi, melanjutkan yang baik dan mengkoreksi apa yang perlu diperbaiki," jelas Sandiaga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya