Kota Medan Terendam Banjir saat Natal

Tim SAR saat mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir di kota Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu dini hari, 26 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Hujan deras melanda Kota Medan, Sumatera Utara, sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari, 26 Desember 2020, sehingga sejumlah kecamatan di sana terendam banjir setinggi hingga 1,5 meter.

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Banjir kembali terjadi di Perumahan De Flamboyan yang berada Jalan Flamboyan Raya, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Banjir juga disebabkan air sungai Belawan meluap dan tim SAR melakukan evakuasi terhadap warga rumah terendam banjir. Hujan deras itu kembali menyebabkan Sungai Belawan di dekat perumahan De Flamboyan kembali meluap.

"Tim Rescuer kantor SAR Medan langsung meluncur ke lokasi setelah mendapat laporan terkait banjir yang melanda perumahan tersebut," kata Kepala Bagian Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus, kepada wartawan, Sabtu siang 26 Desember 2020.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Baca: Detik-detik Tiga Rumah di Bandung Ambruk Diterjang Air Sungai

Tim SAR mengevakuasi warga korban banjir dengan menurunkan perlengkapan rescue seperti perahu LCR untuk masuk ke area dengan menelusuri perumahan. Sekira pukul 03.00 WIB ketinggian air mencapai 1,5 meter. Tim penyelamat mengevakuasi warga yang terjebak di rumahnya.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Menurut informasi yang diterima, ketinggian air meningkat mulai sekitar pukul 02.45 WIB, karena air Sungai Belawan, berada persis di samping kompleks perumahan, meluap. "Namun tidak semua warga mau dievakuasi dikarenakan ingin menjaga rumah mereka," ujarnya. 

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, TNI, Dit Shabara Polda Sumut, BPBD dan instansi terkait lainnya mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi dan aman di Kantor Developer Perumahan De Flamboyan.

Banjir serupa melanda di kawasan Kecamatan Maimun, tepatnya di sekitar jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, dan Perumahan Griya Martubung I, Kecamatan Medan Labuhan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya