Fadli Zon Berduka, 234 Kiai dan Tokoh NU Meninggal Selama Pandemi

Fadli Zon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Wakil Ketua Umum DPP partai Gerindra, Fadli Zon, berduka cita mendengar kabar 234 kiai dan tokoh Nahdiatul Ulama (NU) wafat di masa pandemi COVID-19 sejak Maret hingga Desember 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Semoga husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tulis anggota Komisi I DPR RI ini di akun twitter @fadlizon, yang dikutip Senin 28 Desember 2020.

Sebelumnya kabar duka wafatnya 234 kiai dan tokoh NU selama masa pandemi COVID-19 di Tanah Air ini disampaikan Ketua Satkor COVID-19 Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PBNU, Ulun Nuha. 

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua

Ulun mengungkapkan, pandemi COVID-19 sangat luar biasa ancamannya. Sehinga ditegaskan tidak boleh dianggap remeh.

“Ini mengancam keselamatan warga Nahdliyin terutama para kiai kita, hingga tanggal 24 Desember kemarin ada sekitar 234 orang kiyai dan tokoh NU yang meninggal dunia selama masa pandemi,” kata Ulun di Banda Aceh, Minggu 27 Desember 2020.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Dia menjabarkan, bila dibandingkan dengan jumlah kiai yang meninggal dunia pada periode yang sama pada 2019, angka 234 orang tersebut jauh lebih besar hingga mencapai enam kali lipat.

“Pada tahun 2019 lalu, para kiai atau tokoh NU yang meninggal dunia kurang dari 50 orang, hanya sekitar 40-an yang meninggal dunia pada tahun lalu,” kata Ulun menambahkan.

Meski mereka dinyatakan meninggal dunia, pihaknya tidak menyatakan para kiai tersebut wafat karena terpapar COVID-19. Melainkan, para kiyai dan tokoh NU wafat selama masa pandemi.

“Jadi kita tidak menyatakan beliau (para kiai/tokoh NU) meninggal karena COVID-19. Kita menyatakan beliau meninggal selama masa pandemi,” katanya menegaskan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya