Pesan Mensos Risma ke Masyarakat: Bansos Jangan Buat Beli Rokok

Mensos Tri Rismaharini menyerahkan bantuan pada masyarakat Desa Krebet Ponorogo
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Menteri Sosial, Tri Rismaharini, meminta masyarakat untuk menggunakan bantuan sosial (bansos) dengan baik dan benar. Risma, begitu ia disapa, berharap bantuan berupa Program Keluarga Harapan yang diberikan melalui transfer sesuai dengan kebutuhan penerima.

Kesaksian Menkeu soal Bansos di MK Dinilai Banyak yang Tak Sesuai Fakta di Lapangan

Pemerintah sendiri telah menetapkan bantuan PKH dengan berbagai komponen kebutuhan seperti ibu hamil, lansia, disabilitas dan pendidikan.

"Tidak ada penggunaan untuk pembelian rokok," kata Risma usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 29 Desember 2020.

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM

Risma mengatakan pihaknya akan terus menerus mengevaluasi bantuan kepada para penerima. Instruksi ini juga berulang disampaikan Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Adapun tujuan diberikan bantuan guna memutus rantai kemiskinan dan peningkatan sumber daya manusia.

Bea Cukai Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal di Jember dan Banyuwangi

"Karena sekali lagi, jangan sampai penerima bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah karena digunakan untuk rokok," ujar Risma.

Untuk PKH, kata Risma, jumlah penerima sebanyak 10 juta keluarga. Hadirnya pendamping PKH juga diharapkan memberi pembekalan kepada penerima manfaat bantuan. Agar bantuan dibelanjakan seusai dengan yang dibutuhkan.

"Karena itu sekali lagi kami juga akan lakukan kontrol untuk pembeliannya. Kami akan buatkan edaran untuk belanja apa saja yang bisa digunakan," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya