DPR: Disenggol Pohon Sengon, Listrik se-Jawa Padam

Pohon sengon
Sumber :
  • instagram.com/wiwin_yudi

VIVA – Jelang akhir tahun 2020 anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, memberi catatan terhadap kinerja Pemerintah dalam bidang energi. Ia mencatat ada beberapa kejadian sektor kelistrikan yang menjadi penilaian buruk pemerintah, di antaranya, peristiwa padam listrik se-Jawa akibat pohon sengon. 

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Saya bayangkan betapa rentannya sistem pertahanan kita. Jangankan diserang oleh negara lain, disenggol pohon sengon saja suplai listrik se-Jawa sudah padam,” katanya kepada wartawan, Selasa 29 Desember 2020, yang tampaknya merujuk pada gangguan besar listrik yang menyebabkan mati lampu serentak di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pada 4 Agustus 2019.

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR itu menambahkan, dalam teori pertahanan keamanan, Pulau Jawa itu jantung pertahanan nasional.  Kalau jantung pertahanannya saja mudah dilumpuhkan apalagi wilayah lainnya. 

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

“Infrastruktur listrik itu termasuk objek vital yang perlu dijaga dengan sungguh-sungguh," tegasnya. 

Selain itu yang menjadi sorotannya adalah naiknya tagihan listrik masyarakat di masa pandemi COVID-19 secara mendadak. Dalam kondisi kepanikan masyarakat karena pandemi, PLN selaku operator listrik negara, yang seharusnya memberi kenyamanan malah menambah kepanikan. 

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

"Kacau betul situasi kita pada saat itu. Masyarakat dibuat panik karena tagihan listriknya melonjak. Menghadapi situasi seperti itu PLN bukannya memberi pelayanan yang lebih menenangkan malah mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang mengundang emosi masyarakat," kata dia.

Catatan kurang baik bagi Pemerintah, di sektor  kelistrikan lainnya adalah over supply listrik dan membengkaknya utang PLN.  Sementara tingkat elektrifikasi masih belum merata, terutama di wilayah Indonesia Timur. 

"Intinya masih banyak PR yang harus diselesaikan Pemerintah di sektor kelistrikan ini," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya