Sandiaga Uno Jajal Danau Toba dengan Kano Sambil Sapa Warga

Sandiaga Uno saat mendayung kano di Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, hari ini berkunjung ke kawasan Danau Toba. Mantan calon Wakil Presiden di Pemilu 2019 itu sempat menjajal air danau terbesar di Asia Tenggara tersebut dengan menggunakan kano sambil menyapa warga di Desa Lumban Bulbul, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu 30 Desember 2020.

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Sandiaga, yang hobi berolahraga, mendayung kano bersama Bupati Toba Darwin Sitorus."Horas, horas. Apa kabar," ucap Sandiaga sapa warga berada di bibir pantai Lumban Bulbul di Danau Toba.

"Tadi saya coba sama Pak Bupati naik Kano, airnya sangat tenang, alamnya sangat bersahabat," sebut Sandiaga kepada wartawan di Danau Toba.

Digadang Maju Pilgub DKI, Sandiaga Uno: Tugas Resmi Belum, Kita Pertimbangkan secara Serius

Baca juga: Usai Dilarang, Pentolan FPI Deklarasikan Front Persatuan Islam

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku, setelah mencoba kano, dia terpikir untuk membuat open water swimming. Pastinya, pesona alam wisata Danau Toba harus didukung dengan sport tourism standar internasional.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Jadi saya terpikir untuk bikin open water swimming. Saya terpikir juga lomba dragon boat. Yang berbasis olahraga air ini saya akan merangkul banyak pihak," tutur Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga tiba dari Jakarta melalui Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara. Ia melanjutkan perjalanan ke Bukit Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Kemudian, dia melanjutkan perjalan ke Kaldera Toba, di Kabupaten Samosir.

Sandiaga melihat pembangunan pantai bebas di Parapat, Kabupaten Simalungun, yang tidak jauh dari lokasi itu. Ia juga melakukan pertemuan dengan komunitas dan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Ajibata di Danau Toba.

Sandiaga melihat potensi pariwisata Danau Toba sangat bagus untuk dipromosikan di mata dunia. Maka, dia ingin menjadikan Danau Toba sebagai ikon baru pariwisata Indonesia.

"Selama setahun ke depan ini, apa yang bisa kita lakukan berupa pilot project dan trial. Sehingga nanti, ketika dibuka, kita sudah siap menjadi ikon baru di pariwisata Indonesia," ungkap Sandiaga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya