Libur Nataru Berakhir, 100 Ribu Lebih Kendaraan Masuk Jakarta

Sejumlah kendaraan mobil golongan satu melintas di atas jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta - Cikampek (Japek) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – PT Jasa Marga Tbk mencatat sebanyak 106.058 kendaraan menuju Jakarta pada hari pertama tahun baru, 1 Januari 2021. Usai masyarakat memanfaatkan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau nataru

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) utama yakni di GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah timur), GT Cikupa (arah barat), dan GT Ciawi (arah selatan).

Kepala Komunikasi Korporat Dwimawan Heru mengatakan, kondisi ini sedianya menurun 19,9 persen jika dibanding nataru pada tahun sebelumnya. 

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

Baca juga: Gubernur Jatim Khofifah Umumkan Positif COVID-19

Berdasarkan sebaran, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari tiga arah. Mayoritas sebanyak 50,90 persen dari arah timur, 28,16 persen dari arah barat, dan 20,94 persen dari arah selatan.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

Adapun rincian distribusi lalu lintas sebagai berikut:

Dari arah timur:
GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 32.882 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 6,9 persen dari lalu lintas new normal.

GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 21.101 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 31,6 persen dari lalu lintas new normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah timur adalah sebanyak 53.983 kendaraan, turun sebesar 12,4 persen dari lalu lintas new normal.

Dari arah barat:

Lalu lintas menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 29.870 kendaraan, turun sebesar 32,3 persen dari new normal.

Dari arah selatan:
Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan atau lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 22.205 kendaraan, turun sebesar 16,8 persen dari lalu lintas new normal.

Jasa Marga tetap mengimbau kepada pengguna jalan tol, agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Selain memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pengelola jalan tol ini meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan; menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Terlebih, saat berada di tempat istirahat atau di seperti stasiun BBM. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya