Awal Tahun 2021, Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Gunung Sinabung Erupsi
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukan aktivitas erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik sejauh 1.000 meter, Minggu pagi, 3 Januari 2021. Hal ini, merupakan erupsi pertama di tahun 2021.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

"Gunung Sinabung kembali erupsi tadi pagi, sekitar pukul 09.34 WIB," ungkap ?Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra kepada wartawan, Minggu siang, 3 Januari 2021.

Armen mengungkapkan berdasarkan data ?Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) erupsi Gunung Sinabung dari puncak. Dari pengamatan kolom tersebut berwarna abu. "Kolom abu terbawa embusan angin menuju barat laut," ungkap Armen.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Armen menjelaskan Saat ini Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga. Kepada masyarakat, ia mengimbau kepada wisatawan sedang berwisata di Kabupaten Karo saat ini, untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tutur Armen. 

Lebih dari 7 Ribu Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK soal Sengketa Pilpres Hari Ini

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," jelas Armen.

Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi, Status Gunung Ruang Sudah Turun Jadi Siaga

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Kegiatan operasional Bandara Sam Ratulangi kembali dibuka normal.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024