Benda Asing di Selayar Ternyata Bukan Drone, KSAL: Itu Sea Glider

Benda diduga drone yang ditemukan nelayan di Selayar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberi keterangan pers terkait ditemukannya benda asing mirip drone oleh nelayan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. 

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Yudo mengungkapkan, benda yang sebelumnya ditemukan nelayan tersebut merupakan sea glider. Hal itu sekaligus menampik dugaan benda itu merupakan sebuah drone. 

“Hari ini saya akan menyampaikan tentang alat atau sea glider yang kemarin ditemukan nelayan dari Desa Majapahit, Selayar,” ucap Yudo, Senin 4 Januari 2021. 

Iran Serang Israel, Airlangga Serukan Parpol Bersatu karena Situasi Ketidakpastian Meningkat

Yudo mengatakan, benda mirip rudal tersebut terbuat dari aluminium dengan dua sayap dan propeller serta antena belakang. Selain itu, ada instrumen mirip kamera di badan sea glider

“Data-datanya, badan terbuat dari aluminium dengan dua sayap 50 sentimeter (cm), panjang bodi 225 cm, kemudian propeller 18 cm di bawah, panjang antena yang belakang 93 cm,” ujarnya. 

Rusia Dukung Iran Atas Serangan Balasan ke Israel

Namun demikian, Yudo sedari awal enggan untuk berandai-andai soal penemuan benda itu. Mereka masih harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk memastikan informasi yang sebenarnya. 

“Saya nggak mau berandai-andai supaya rekan-rekan semuanya jelas tentang penggunaan maupun fungsi dari alat yang ditemukan di Kabupaten Selayar,” katanya. 

Untuk itu, sea glider tersebut langsung dibawa dari Surabaya menuju Jakarta, tepatnya ke Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL agar bisa diteliti fungsi dari alat tersebut. 

"Saya bawa ke Hidrosal karena ini lembaga yang kompeten untuk meneliti adanya peralatan tersebut, jadi supaya lebih real adanya sehingga alat tersebut kita bawa ke sini," tutur Yudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya