Awal Tahun 2021, Gunung Sinabung ‎Sudah 4 Kali Erupsi

Gunung Sinabung Erupsi
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat pada awal tahun 2021, sudah 4 kali Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Erupsi dua kali terjadi pada hari Minggu kemarin, 3 Januari 2021 dan dua kali kejadian yang sama, Senin, 4 Januari 2021. Dengan ini, aktivitas Gunung Sinabung terus menunjukkan aktivitas erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian 700 meter hingga 1.000 meter.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengungkapkan saat ini, Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga. Ia mengimbau kepada wisatawan sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung. Serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tutur Armen kepada wartawan, Senin, 4 Januari 2021.

Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," jelas Armen. (ase)

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Presiden Jokowi saat ini tengah menggodok nama-nama calon anggota panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024