Harimau Kembali Mangsa 2 Ekor Sapi di Langkat Sumut

Corina, Harimau Sumateran dilepas ke alam liar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bambang Irawan.

VIVA – Harimau kembali memangsa dua ekor sapi milik warga Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kini, warga sekitar diminta waspada dengan aktivitas hewan buas itu.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Bangkai sapi dengan jenis jantan pertama kali diketahui warga sekitar perkebunan sawit di Desa Lau Damak, Bahorok, Kabupaten Langkat, Rabu 6 Januari 2021. Kemudian, jarak 100 meter ditemukan kembali sapi jenis betina mati sama-sama mengalami luka terkaman dan gigitan harimau. 

“Ketahuannya tanggal 6 Januari pagi, ditemukan warga,” kata Kapolsek Bahorok, Iptu Pamilu H Hutagaol kepada wartawan, Kamis 7 Januari 2021.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Ini bukan kejadian pertama sapi dimangsa harimau di Bahorok. Kejadian serupa sudah berulang kali terjadi. 

Sebelumnya, pada Jumat 25 Desember 2020 sekitar pukul 07.30 WIB, ditemukan bangkai dua sapi dengan luka diduga bekas gigitan harimau.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Pamilu menjelaskan, hewan ternak warga itu, mudah dimangsa harimau. Sebab, dilepas begitu saja dan tidak memiliki kandang. Lembu mencari makan rumput sendiri di kawasan perkebunan sawit itu.
 
“Di Bahorok banyak lembu yang tidak di kandang, dibiarkan di lahan itu. Sebetulnya lokasi itu masih wilayah TNGL. Jadi, memang habitat harimau,” tutur Pamilu.

Untuk menghindari kejadian serupa, Pamilu menyampaikan pihaknya sudah berulang kali mengimbau agar warga mengandangkan ternaknya. Sebab, bila kembali mati karena dimangsa satwa liar dilindungi, warga juga yang dirugikan.

“Kita imbau masyarakat tidak mengganggu ekosistem hutan, seperti berburu. Menjauhlah dari TNGL, jangan diganggu. Rumah orang jangan diganggu,” kata Pamilu. 

Baca Juga: Konflik Dengan Warga, Harimau Sumatera di Aceh Singkil Ditangkap

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya