KKB Papua Bakar Pesawat Milik MAF

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua.
Sumber :
  • Puspen TNI.

VIVA – Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Mission Aviation Fellowship (MAF) PK-MAX dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB), di Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada 6 Januari 2021.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, insiden pembakaran itu terjadi pukul 09.00 WIT. Pesawat MAF PK-MAX yang dipiloti Warga Negara Amerika atas nama Alex Luferchek berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa dua penumpang masyarakat, tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) Distrik Biandoga Kabupaten Intan Jaya.

“Pukul 09.30 WIT, Pilot Pesawat MAF PK-MAX bernama Alex Luferchek melaporkan via Radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat tiba di Bandara Pagamba dengan baik. Selanjutnya pilot disuruh turun dari Pesawat kemudian datang seseorang (diduga Kelompok Kriminal Bersenjata) yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke Udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk,” kata Kamal, Kamis, 7 Januari 2021.

Atas kejadian tersebut, pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan, antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata.

Kamal menjelaskan, pembakaran pesawat MAF tersebut kemudian terdeteksi oleh Basarnas pusat dan menyampaikan kepada yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK - MAX yang dipiloti oleh Captain pilot atas nama Alex Luferchek

Kamal menyebutkan, pagi tadi pukul 06.00 melalui Bandar Udara Wamena telah diberangkatkan heli VIDA yang dipiloti oleh Capten Natan Fagerlie untuk mengevakuasi pilot pesawat MAF PK -MAX dari Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga menuju Nabire.

Langkah-langkah Kepolisian yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan pihak terkait, dan melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Polres Nabire.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Lanjut Kamal, Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian, karena kejadian tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya, namun terkendala lokasi sebab hanya dapat dijangkau melalui jalur udara. Anggota akan sesegera mungkin mendatangi TKP guna dilakukan oleh TKP.

Setelah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian Pilot atas nama Alex Luferchek (korban) langsung diberangkatkan oleh Pihak MAF ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan psikologi lebih lanjut.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Baca juga: KKB Papua Kembali Berulah, Tembak Helikopter Milik Perusahaan

[dok. Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado]

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Mulai hari ini, Senin, 22 April 2024, operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado kembali di buka dan beroperasi normal.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024