Ada Tumpahan Minyak Diduga Milik Sriwijaya Air di Selatan Pulau Laki

Pencarian Sriwijaya Air lewat pesawat TNU AU
Sumber :
  • VIVA / Kenny Putra (Jakarta)

VIVA – Proses pencarian bangkai pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan 182 juga dilakukan melalui udara. TNI angkatan darat melakukan pencarian menggunakan pesawat CN-295, Super Puma NAS-332 dan EC-725 Caracal. Selain itu, TNI AU juga mengikut sertakan Boeing 737.

Kesimpulan KNKT Terkait Investigasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Proses pencarian melalui udara yang dimulai pada pukul 06.00 pagi dipimpin langsung oleh Asoops KSAU, Marsda TNI Henri Afiandi. 

Marsda TNI Henri Afiandi mengatakan, proses pencarian yang dilakukan di titik lokasi terakhir sebelum pesawat Sriwijaya Air SJ 189 hilang kontak.

Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, KNKT: Thrust Lever Kanan Tak Berfungsi

"Proses pencarian melalui udara dimulai dari ketinggian 1000 feet atau 3000 meter, kita melakukan penyisiran sebanyak empat kali. Dalam radius pencarian, tidak ada diketemukan benda-benda mencurigai, atau benda-benda besar," jelas Asoops,  Marsda TNI Henri Afiandi.

Lebih lanjut, Marsda TNI Henri Afiandi menjelaskan di daerah selatan Pulau Laki, yang menjadi koordinat terakhir sebelum pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak ditemukan campuran air dan avtur.

Mesin Pesawat Mati, Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Putar Balik Mendarat

"Jadi di selatan pulau laki tersebut, kita temukan anomali air laut. Campuran air dan minyak. Selain tu juga ada sampah-sampah, tapi kita belum bisa pastikan itu sampah laut atau memang dari pesawat SJ 182," tambah Marsda TNI Henri Afiandi. 

Pencarian bangkai pesawat Sriwijaya Air melalui udara sendiri akan dilakukan sebanyak dua kali dalam satu hari. Namun nantinya akan disesuaikan dengan perkembangan proses pencarian. 

Pesawat Sriwijaya Air. (Ilustrasi)

KNKT Ungkap 6 Penyebab Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan laporan akhir investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak pada 9 Januarai 2021.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2022