Megawati Ingatkan Membangun Desa, Indonesia Maju dan Berdaulat

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di HUT ke-48 partai.
Sumber :
  • Repro youtube PDI Perjuangan.

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri kembali menyampaikan pentingnya pembangunan Indonesia ke depan yang dimulai dari desa.

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Menurut Mega, desa adalah ujung tombak pemerintahan, yang berada di garda terdepan pelayanan publik, sekaligus tempat hidup tradisi dan adat istiadat bangsa Indonesia.

"Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa," kata Megawati secara live streaming virtual di Jakarta, Minggu 10 Januari 2021. 

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Ia mengungkapkan, di masa pandemi ini kita semua harus membangun Indonesia dimulai dari desa dengan pendataan yang presisi dan akurat. Sehingga, Ia mengingatkan sudah waktunya Indonesia memiliki data yang komprehensif. 

Hal itu, kata Mega, dilakukan agar program pembangunan di segala bidang kehidupan dapat tepat guna, tepat sasaran, transparan dan akuntabel, hanya jika berbasis pada data hasil riset nasional yang dapat dipertanggungjawabkan secara ideologis, etis, dan ilmiah. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

"Optimalkan peran peneliti dan perekayasa di perguruan-perguruan tinggi Indonesia. Kita punya banyak putra-putri bangsa yang memiliki kemampuan untuk bisa diandalkan bagi kepentingan dan kemajuan negara, termasuk soal sistem pendataan nasional," ujarnya. 

Lebih jauh, Mega mengatakan sudah saatnya Indonesia memiliki data tunggal yang digunakan oleh seluruh Kementerian dan Lembaga Negara, juga Pemerintah Daerah. 

Pendataan tersebut harus dimulai dari desa dengan melibatkan partisipasi warga agar mampu menggambarkan kondisi dan kebutuhan rakyat yang sesungguhnya, memetakan potensi ekonomi desa untuk dijadikan kekuatan ekonomi bangsa. 

"Bung Karno mengingatkan bahwa Desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan Desa. Membangun Indonesia dari Desa, Jika Desa Kuat, maka Indonesia mampu Berdiri di Atas Kaki Sendiri, Itulah Indonesia Maju yang Berdaulat, Indonesia yang berakar dan bertumpu pada Desa yang Kuat," ujar Mega. 

"Saya menginstruksikan kepada Tiga Pilar Partai, untuk rumuskan politik legislasi, politik anggaran, politik pengawasan mewujudkan pembangunan pedesaan yang demokratis, terukur, terencana dan tepat sasaran, Itulah tugas ideologis kalian," tambah Mega. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya