KPK Proses Laporan Proyek Toilet Rp96,8 Miliar di Sekolah Bekasi

Gedung Merah-Putih KPK
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, sudah menerima laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi dalam proyek pembangunan toilet di sekolah di Kabupaten Bekasi yang menelan anggaran sekitar Rp96,8 miliar. 

Wanita Hamil di Bekasi Dibegal Enam Pria

Bahkan, KPK mengklaim telah melakukan proses verifikasi dan telaah atas laporan tersebut. 

"Sudah ada verifikasi dan telaah oleh tim pengaduan masyarakat KPK kepada pihak masyarakat pelapor, namun demikian tentu terkait materi laporan tidak bisa kami sampaikan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi awak media, Senin, 11 Januari 2021.

Grand Mall Bekasi Kebakaran, 7 Mobil Damkar Diturunkan ke Lokasi

Proses verifikasi dan telaah tersebut dilakukan untuk memastikan laporan masuk ranah tindak pidana korupsi yang menjadi kewenangan lembaga antikorupsi. 

Ali menegaskan, KPK akan menindaklanjuti dengan proses hukum yang berlaku jika hasil proses verifikasi dan telaah menemukan adanya indikasi peristiwa tindak pidana korupsi terkait laporan tersebut. 

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Apabila dari hasil telaahan dan kajian memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana maka tidak menutup kemungkinan KPK tentu akan melakukan langkah-langkah berikutnya sebagaimana hukum yang berlaku," tuturnya.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024