Jembatan KA di Brebes Putus, 7 Kereta Api Putar Arah

Rangkaian gerbong kereta api (KAI) melintas di Stasiun Solobalapan
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Jembatan kereta api (KA) yang terletak di Desa Tonjong, Brebes, Jawa Tengah putus akibat tergerus longsor pada Senin malam, 11 Januari 2021. Akibatnya, empat perjalanan KA yang melintasi tujuan Solo menjadi terganggu.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Telah terjadi gangguan perjalanan KA, yang berdampak beberapa KA harus dilakukan perubahan pola operasi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Selasa, 12 Januari 2021.

Menurut Supriyanto, putusnya jembatan KA antara Stasiun Linggapura-Bumiayu di wilayah lintas Daop 5 Purwokerto itu menyebabkan rencana pola operasi dengan memutar perjalanan KA melewati Stasiun Semarang-Gundih-Solo.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

"Beberapa KA yang terdampak di antaranya KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo yang mengalami keterlambatan 25 menit dari jadwal 05.28 WIB. KA Gajayana relasi Gambir-Malang, masuk Solo jam 05.48 WIB terlambat 213 menit dar jadwal 02.54 WIB. KA Mataran relasi Pasar Senen-Solobalapan masuk solo jam 06.27 WIB terlambat 37 menit," ujarnya.

Bahkan, lanjut Supriyanto, untuk perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember pada pagi tadi harus memutar dari Cirebon-Semarang-Gundih-Solobalapan. Tak pelak, titik pemberangkatan penumpang dari Yogyakarta bergeser ke Solo.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Penumpang KA Ranggajati dari Yogyakarta-Klaten akan dinaikkan KA Prameks menuju Solobalapan," katanya.

Adanya gangguan perjalanan KA dampak dari putusnya jembatan KA di Desa Tonjong, Brebes itu, pihak KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para penumpang pelanggan KA.

"PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, termasuk penumpang dan barang yang diangkutnya," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras membuat Sungai Linggapura Brebes, meluap dan mengikis pondasi jembatan kereta api di wilayah tersebut. Satu dari dua jembatan ambruk di jalur double track jalur tengah pulau Jawa ini. 

Imbas kejadian ini menyebabkan 7 kereta api penumpang dan barang yang melintas Stasiun Purwokerto terpaksa memutar melalui jalur Bandung dan Pantura Jawa Tengah. Sedangkan satu kereta jarak pendek dibatalkan keberangkatannya.

Perjalanaan 7 kereta api yang melalui jalur yang putus dihentikan di Stasiun KA Purwokerto. Rute yang seharusnya melalui Brebes lanjut jalur Pantura, Jawa Barat, dialihkan ke jalur selatan melalui Bandung. Perubahan rute ini menyebabkan waktu tempuh kereta bertambah 3 jam. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya