Sepuluh Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Kampung Jokowi

Sebanyak 10.609 dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan biofarmasi China, Sinovac, tiba di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 12 Januari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Sebanyak 10.609 dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan biofarmasi China, Sinovac, tiba di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 12 Januari 2021. Vaksin itu kini disimpan dalam empat unit cool chain di kantor UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Solo.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Vaksin diangkut dengan menggunakan mobll boks tiba d kantor UPT Instalasi Farmasi Dinkes Solo pada pukul 18.32 WIB. Paket itu dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Semarang pada hari yang sama.

Setiba di Solo, Wali Kota FX Hadi Rudyatmo membuka langsung kunci mobil boks, lalu memasukkan tiga kotak berisi vaksin cool chain tempat penyimpanan di UPT Instalasi Farmasi Dinkes Solo. "Kehadiran vaksin ini merupakan salah satu untuk memotivasi kita bersama, lebih khusus lagi Satgas Penanganan COVID-19," katanya.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Baca: Apa Perbedaan Vaksin China Sinovac dan Sinopharm serta Merek Lain?

Setelah penyerahan vaksin kepada Pemkot Solo, vaksinasi dijadwalkan dilaksanakan pada Kamis, 14 Januari 2021. Para penerima vaksin yang diprioritaskan dalam tahap pertama vaksinasi merupakan tenaga kesehatan.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Rudy akan memotivasi dan menyemangati para tenaga kesehatan karena mereka yang berada di garda paling depan dalam menangani pandemi COVID-19 di Solo. Dia berharap, para tenaga kesehatan tidak khawatir tertular COVID-19 setelah disuntik vaksin.

“Biarpun vaksin ini belum bisa atau belum mampu untuk menangkal COVID-19, paling tidak kepercayaan itu muncul terlebih dahulu," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Siti Wahyuningsih mengatakan Kota Solo merupakan satu dari tiga kota/kabupaten di Jawa Tengah yang mendapatkan vaksin COVID-19 pada gelombang pertama. Dua daerah lain ialah Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya