Logo ABC

Vaksinasi COVID-19 di RI Dimulai, Nakes Takut Protokol Mengendur

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima suntikan vaksin buatan Sinovac.
Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima suntikan vaksin buatan Sinovac.
Sumber :
  • abc

Indonesia memulai vaksinasi COVID-19 perdana dan Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin di Indonesia, hari Rabu (13/01).

"Tidak terasa sama sekali," ujar Presiden Jokowi setelah mendapat suntikan vaksin buatan Sinovac asal China di Istana Negara.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia, dr Daeng Faqih menjadi orang kedua orang yang divaksin.

Vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia ini juga disiarkan secara langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden dan terlihat mengedepankan pesan "aman" dan "halal".

Hadir dalam vaksinasi juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, dan Rais Syuriah PBNU Ahmad Ishomuddin, yang memberikan pernyataan sebelum divaksin.

Presiden Joko Widodo Disuntik Vaksin COVID-19
Presiden Joko Widodo disuntik vaksin COVID-19 di Istana Negara, hari Rabu (13/01).

YouTube: Sektretariat Presiden

Khawatir "protokol kesehatannya menjadi kendur"

Berada dalam kelompok pertama yang akan menerima vaksin di Indonesia, dr Andika Chandra Putra menyambut baik diprioritaskannya tenaga kesehatan (nakes).

Menurut dokter spesialis paru yang melayani tiga rumah sakit di Jakarta ini, vaksin akan membantu kerja tenaga kesehatan yang saat ini makin rentan terpapar.

"Tenaga kesehatan ini, apalagi dokter baru, adalah orang-orang yang risiko terpaparnya cukup besar," tutur dr Andika kepada ABC Indonesia.