Pesan Eks Pimpinan KPK ke Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo

Mantan Plt Wakil Ketua KPK, Indriyanto Seno Aji.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Krisnadwipayana, Indriyanto Seno Adji, mengatakan, Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dicalonkan sebagai kapolri pengganti Jenderal Idham Azis harus menjaga komunikasi dengan semua elemen.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Menurut dia, sepanjang 2021 ini memang kondisi yang tidak ringan bagi kapolri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara luas dari negara. “Polri tetap menjaga komunikasinya dengan representasi elemen media, lembaga swadaya masyarakat maupun tokoh masyarakat sebagai pilar penguatan negara,” kata Indriyanto pada Kamis, 14 Januari 2021.

Ia melihat tantangan Komjen Listyo Sigit ke depan sebagai pemimpin di Kepolisian Republik Indonesia tetap pada kondisi pandemi COVID-19. Tentu, pendekatannya adalah kamtibmas secara persuasif dan penegakan hukum yang tegas.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

“Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan COVID-19, pula atensi pada persiapan pilkada serentak, dan gangguan keamanan terkait sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah,” tutur dia.

Namun demikian, Indriyanto tidak meragukan kemampuan Listyo Sigit yang diusulkan secara tunggal oleh Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

“Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri. Jadi, tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan manajerial SDM kelembagaan Polri,” ujarnya.

Sementara itu, Indriyanto meyakini penunjukan Komjen Listyo Sigit untuk menggantikan Jenderal Idham Azis, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

“Dipastikan penunjukan Jenderal Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon kapolri,” kata mantan wakil ketua KPK ini.

Baca juga: Calon Tunggal Kapolri, Sejumlah Kasus Besar Diungkap Komjen Listyo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya