Duka Mendalam, PBNU: Syekh Ali Jaber NU Banget

Sekjen PBNU, Ahmad Helmy Faishal Zaini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar

VIVA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Ustaz Syekh Ali Jaber pagi ini. Indonesia ditegaskan kehilangan sosok ulama yang mencerahkan bangsa.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal mengatakan, Syekh Ali Jaber berbeda dengan para ulama yang berasal dari tempat kelahirannya Arab Saudi. Nilai-nilai Islam yang ada di Indonesia dengan beragam suku dan ras terasa kental dalam setiap dakwahnya.

"Keluarga besar NU merasa kehilangan sosok ulama yang mencerahkan. Apalagi beliau ahli Alquran. Beliau pencinta Alquran," ujarnya saat diwawancarai tvOne, Kamis, 14 Januari 2021.

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan

Karena itulah, dia menegaskan, hubungan NU dengan Syekh Ali Jaber sangat dekat. Khususnya, sejalan dalam mensyiarkan Islam di Indonesia dengan dakwah yang menyejukkan dan mengedepankan sikap berbaik sangka.

"Syekh Ali Jaber ini bagi keluarga NU, ya NU banget. Cara dia bertutur kata mencerminkan dakwah Islam," ujarnya.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

"Kita jarang sekali dengar sumpah serapah ujaran kebencian ajakan membangun permusuhan. Enggak, justru sebaliknya. Cermin untuk kita semua untuk berbaik sangka ke siapa pun, karena rahasia itu milik Allah SWT," ungkapnya.

Seperti diketahui, Syekh Ali Jaber meninggal di Rumah Sakit Yarsi, Kamis pagi, 14 Januari 2021. Dia dinyatakan negatif COVID-19. Sebelumnya sempat menjalani perawatan karena terpapar virus tersebut. 

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha merupakan salah satu ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir dan pakar Al Quran hingga mendapat julukan 'manusia Quran'.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024