Syekh Ali Jaber di Mata UAS: Beliau Orang Alim dan Berilmu

Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA –  Kabar duka kembali menyelimuti umat Muslim di Indonesia. Pendakwah kondang, Syekh Ali Jaber atau Ali Saleh Muhammed Ali Jaber, meninggal dunia pada pagi ini, Kamis, 14 Januari 2021.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Wafatnya Syekh Ali Jaber turut mendatangkan duka bagi Ustaz Abdul Somad atau UAS. Dalam wawancara dengan tvOne, UAS mengaku sangat mengagumi dan menghormati sosok ulama asal Madinah tersebut.

"Yang pertama, beliau orang alim dan berilmu. Beliau hafal Alquran dan memang menjadi ikon tahfidz Alquran. Beliau mendukung pendirian sekolah-sekolah tahfidz Alquran, memang bidang beliau di situ. Tapi dia juga yang hebat dalam bidang ilmu fiqih," kata UAS, Kamis, 14 Januari 2021.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Selain itu, UAS mengatakan Syekh Ali Jaber adalah sosok yang sangat berakhlak. Jika kebanyakan orang berilmu tidak bisa akrab karena sombong, namun Ali Jaber sangat berakhlak bahkan membuat UAS sampai malu.

"Saya malu kalau bertemu beliau karena akhlaknya. Sampai pada pertemuan menyambut tahun baru, kami makan bersama, ada saya juga, kemudian kami salat berjamaah. Beliau mempersilakan saya sebagai imam. Saya merasa amat sangat tidak layak karena beliau hafal Alquran, orang yang alim. Lalu saya persilakan beliau," ujar UAS.

Sudah Bertaubat Apakah Dosa Masa Lalu Tetap Dihisab? Ini Penjelasan UAS

Bagi UAS, ilmu dan akhlak Syekh Ali Jaber merupakan kenangan yang paling luar biasa. Ia merasakan semasa mengenal almarhum semasa hidupnya. 

Bahkan menurut UAS, Syekh Ali Jaber tidak pernah sama sekali menyombongkan diri, meskipun lahir dan tinggal di Madinah.

"Beliau punya komunikasi yang sangat baik. Lahir dan besar di Madinah, tapi beliau sangat menghormati Indonesia. Kalau ketemu selalu menggunakan bahasa Indonesia," kata dia.

Kabar meninggalnya Syekh Ali Jaber diumumkan langsung oleh penceramah ustaz Yusuf Mansyur di akun Instagram pribadinya. Dalam unggahannya diketahui bahwa Syekh Ali Jaber meninggal pada pukul 08.30 pagi ini di Rumah Sakit Yarsi Jakarta.

“Innalillahi wa innailahi rojiun kita semua berduka Indonesia berduka Syekh Ali berpulang ke rahmatullah jam 08.30 pagi tadi di rumah sakit Yarsi Jakarta,” kata Ustaz Yusuf Mansyur, di akun Instagramnya.

Ustaz Yusuf Mansyur juga menjelaskan bahwa semalam dirinya diberi kabar tentang kondisi Syekh Ali Jaber yang sempat kritis.

Baca Juga: SBY Kenang Syekh Ali Jaber: Selamat Jalan Sahabatku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya