BMKG: 47 Kali Gempa Bumi Mengguncang Sulbar Sejak Kamis

Longsor jalur Trans Sulawesi di Majene imbas gempa berkekuatan 5,9 SR
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengatakan sebanyak 47 kali gempa bumi mengguncang wilayah Sulawesi Barat sejak Kamis, 14 Januari 2021 hingga Jumat,15 Januari 2021 pagi. Dua gempa di antaranya merusak bangunan. 

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk

"Gempa tektonik terjadi sebanyak 47 kali di wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya," kata Staf Pusat Gempa Regional IV Makassar Syarifuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 15 Januari 2021.

Menurutnya, gempa yang terjadi pada Kamis kemarin terjadi hingga pukul 23.00 Wita, sebanyak 28 kali gempa dengan magnitudo terkecil 2 Skala Richter (SR) hingga yang terbesar dan membuat kerusakan, di atas 6 SR.

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Baca juga: Dampak Gempa Majene, Banyak Korban Terjebak Reruntuhan di Mamuju

Untuk gempa bumi dengan magnitudo terendah, yakni di bawah 2 SR terjadi sebanyak 9 kali. Kemudian gempa antara magnitudo 3 hingga di bawah 4 SR terjadi sebanyak 13 kali dan gempa dengan 4 hingga 5 SR terjadi sebanyak 3 kali. 

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Sedangkan gempa dengan kekuatan 5 hingga di bawah 6 terjadi 2 kali serta gempa yang berkekuatan 6 SR terjadi satu kali.
 
"Setelah gempa yang merusak itu (Kamis) telah terjadi 19 kali gempa atau dari Jumat dini hari hingga pagi harinya," katanya.

Gempa magnitudo 6,2 terjadi di wilayah Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita dan telah merobohkan banyak bangunan.

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT pada kedalaman 10 kilometer, juga merusak gedung rumah sakit di Mamuju.

BMKG mengatakan pusat gempa berada di posisi 6 km timur laut Majene dengan kedalaman 10 km tidak berpotensi tsunami. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya