Pencarian Hari ke-10, 32 Jenazah Ditemukan di Longsor Sumedang

Pencarian korban longsor parah di Sumedang, Jabar
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pencarian korban tertimbun longsor di Perumahan Pondok Daud Kampung Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kini memasuki hari ke 10. Tercatat sudah 32 jenazah ditemukan dari timbunan material longsor parah tersebut.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Jawa Barat, Deden Ridwansyah menjelaskan, pencarian dilanjutkan untuk mencari sisa korban sebanyak delapan orang lagi.

"Delapan orang yang diduga merupakan korban dari longsoran pertama sehingga fokus pencarian pada hari ke 10 yaitu di daerah tersebut," ujar Deden pada Senin 18 Januari 2021.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Deden menerangkan, pencarian memfokuskan di sektor dua atau di rumah terdampak longsor pertama dengan melakukan pengerukan dengan alat berat serta didukung dengan keterangan dari keluarga korban yang mengetahui letak rumah serta posisi korban ketika terjadi longsoran pertama. 

"Adapun alat yang digunakan yaitu 4 unit excavator, peralatan ekstrikasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan APD personal," ujarnya.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Sebelumnya longsor terjadi di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupateng Sumedang pada Sabtu 9 Januari 2021. Longsor terjadi sekitar pukul 16.45 WIB. Lalu longsor susulan kemudian terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Parahnya, longsor susulan menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.

Ilustrasi-mayat mengapung

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Usai menghabisi nyawa wanita yang 'open BO' berinisial R (35), di kostannya, pelaku Nico Yandi Putra membuang jasad korban ke sebuah kali di kawasan Teluk Pucung, Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024