DPR: Fit and Proper Test Calon Kapolri Listyo Sigit Digelar Rabu Pagi

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menegaskan agenda uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan digelar pada Rabu, 20 Januari 2021. 

Uji Kelayakan Calon Anggota LPSK 2024-2029 di Komisi III DPR RI, Ini 14 Nama Calonnya

"Rabu tanggal 20 Januari, jam 10.00 pagi," kata Sahroni saat dihubungi, Senin, 18 Januari 2021.

Politikus Partai Nasdem ini membantah kabar yang beredar bahwa agenda fit and proper test calon Kapolri diundur. Sebelumnya memang beredar jika agenda uji kelayakan calon Kapolri itu dilakukan hari ini.

Jenderal Agus Subiyanto: Jangan Ragukan Netralitas TNI di Pemilu

"Enggak diundur emang jadwalnya Rabu. Hari ini agenda Komisi III RDPU dengan Kompolnas," ungkapnya.

Sebelumnya  Presiden Joko Widodo mengajukan calon tunggal Kapolri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit ke DPR. Seperti diketahui, Komjen Listyo Sigit adalah Kabareskrim Polri saat ini. Dia akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan masuk masa pensiun pada 31 Januari 2021.

Komisi I DPR Setuju Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

"Surpres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," ujar Ketua DPR Puan Maharani, dalam keterangan pers, Rabu, 13 Januari 2021.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan harapan itu agar dilakukan DPR dalam waktu secepatnya.

"Pemerintah sangat berharap proses ini bisa segera ditindaklanjuti oleh DPR secepat-cepatnya," kata Pratikno di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.

Ia berharap DPR bisa segera menggelar fit and proper test sehingga tidak perlu sampai menunggu 20 hari seperti yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani.

"Sebagaimana tadi disampaikan oleh Ibu Ketua (Puan) 20 hari dan kami berharap bisa lebih cepat dari itu, sehingga kita segera memperoleh kapolri yang definitif," ujarnya.

Baca juga: Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Mohon Doanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya