Rapat dengan DPR, Kompolnas Beberkan Prestasi sampai Kelemahan Listyo

Komjen Listyo Sigit (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menggelar rapat tertutup dengan Komisi III DPR RI. Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyampaikan dalam rapat tersebut, Kompolnas memberi masukan kepada DPR RI terkait calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Upaya Polri Identifikasi Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Cikampek

“Masukannya pertama masalah rekam jejak. Jadi, karirnya dari awal sampai dengan terakhir Kabareskrim ada nggak catatan, catatan negatif,” kata Benny usai rapat di gedung DPR RI, Jakarta, Senin, 18 Januari 2021.

Benny menambahkan masukan ini disampaikan jelang proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Listyo. Menurut Benny, dalam rapat juga menjelaskan prestasi Listyo selama menjadi perwira Polri. Hal ini termasuk dengan kekurangan yang dimiliki Kabareskrim tersebut. 

Kecelakaan Maut Km 58 Cikampek, Kapolri Tegaskan Contraflow Tetap Dibutuhkan

“Apa saja yang dimiliki atau yang pernah dicapai termasuk kelemahan-kelemahannya apa. Itu semua sudah kita sampaikan. Itulah yang akan digunakan sebagai bahan saat fit and proper test nanti," ujarnya.

Benny menambahkan, tantangan Kapolri ada di sisi internal dan eksternal. Kompolnas berharap reformasi kultural di tubuh Polri bisa terus berjalan. Lalu, bisa membangun solidaritas sehingga Polri bekerja profesional dan optimal.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

“Kemudian eksternal kita semua sekarang tahu sekarang sedang menghadapi pandemi. Belum lagi dampak dari pandemi pengangguran, masalah ekonomi, kemiskinan ditambah sekarang bencana alam,” ujarnya.

Selain itu, Benny menyampaikan tantangan di revolusi industri 4.0 menjadi pekerjaan rumah Kapolri yang baru. Sebab, kejahatan di era 4.0 sudah menggunakan sistem dari teknologi yang sangat canggih. 

“Ini harus diimbangi, Polri harus meng-upgrade SDM nya  Pengetahuan tentang kejahatan yang menggunakan teknologi, kalau tidak ketinggalan dan ini pesat, dan ini itu sudah lintas negara, jadi sudah menglobal," ujarnya. 

Komisi III DPR diketahui akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Listyo sebagai calon kapolri tunggal pengganti Idham Azis. Jadwal ini mundur sehari yang seharusnya akan digelar pada Selasa, 19 Januari 2021. 

Pun, jadwal pembuatan makalah juga diundur sehari menjadi Selasa besok. Sementara, Komisi III DPR memang menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan Kompolnas pada Senin, 18 Januari 2021.

Baca Juga: Jokowi Mau DPR Cepat Setujui Komjen Listyo Jadi Kapolri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya