Rombongan Mobil Jokowi Terabas Banjir di Kalimantan Selatan

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA - Rombongan mobil Presiden Jokowi diketahui menerabas banjir di Kalimantan Selatan. Dari foto yang beredar, mobil jenis SUV yang ditumpangi Jokowi melintas sekitar 200 meter.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Rangkaian menuju lokasi banjir yaitu menuju jembatan," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Senin, 18 Januari 2021.

Jokowi memang sebelumnya meminta kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera membangun Jembatan Mataraman yang putus akibat banjir. Dia juga sempat meninjau jembatan Pakauman dan melihat kondisi masih meluapnya Sungai Martapura.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Baca juga: Jokowi Sebut Banjir Besar Kalsel Sudah 50 Tahun Tak Terjadi

Heru sendiri menyebut, saat Jokowi meninjau sejumlah titik, beberapa wilayah masih tergenang banjir.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

"(Sewaktu) ke lokasi tersebut terdapat beberapa titik jalan yang banjir atau tergenang air sebatas betis dewasa," kata dia.

Jokowi juga menyatakan, curah hujan yang tinggi hampir 10 hari berturut-turut menjadi penyebab terjadinya banjir besar di Kalsel. Bahkan, hingga menggenangi 10 kota dan kabupaten.

"Ini adalah sebuah banjir besar yang mungkin sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan. Daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air, sehingga memang meluap di 10 kabupaten dan kota," kata Jokowi saat meninjau lokasi banjir, Senin siang, 18 Januari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya