Logo DW

Tak Sampai Tiga Pekan di Awal 2021, Bencana Alam Hantui Indonesia

Akbar Tado/Antara Foto/REUTERS
Akbar Tado/Antara Foto/REUTERS
Sumber :
  • dw

Belum genap tiga pekan pertama memasuki tahun 2021, Indonesia dilanda berbagai peristiwa bencana alam di beberapa wilayah yang merenggut ratusan korban jiwa. Bencana alam tersebut terjadi di tengah Indonesia bergulat dengan kasus COVID-19 yang jumlahnya terus mengalami peningkatan.

Selain bencana alam Indonesia dirundung peristiwa tragis berupa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta – Pontianak di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Sederetan bencana alam yang terjadi mulai dari longsor, gempa bumi, hingga erupsi gunung api.

Longsor di Sumedang, Jawa Barat

Tanggal 9 Januari longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Longsor terjadi dua kali, di mana longsor pertama terjadi pada pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

Longsor terjadi karena tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut, sehingga membuat kondisi tanah tidak stabil. Berdasarkan data Badan SAR Nasional (Basarnas), sedikitnya 38 orang meninggal dunia dalam peristiwa ini. Sebanyak 1.020 warga terpaksa mengungsi ke sejumlah pos pengungsian dan rumah kerabat.

Hingga kini proses pencarian korban masih terus dilakukan. Cuaca hujan dan adanya potensi longsor susulan - karena masih didapati adanya retakan di sejumlah titik lokasi longsor - menjadi kendala dalam proses pencarian ini.

Banjir di Kalimantan Selatan